Iklan, Dengan Beragam Jenisnya


IKLAN
Pengertian Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.
Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan.
Seorang praktisi komunikasi pemasaran asal Amerika serikat, Terence A. Shimp menjelaskan bahwa iklan atau periklanan mempunya beberapa fungsi, diantaranya adalah:

FUNGSI DAN TUJUAN IKLAN

Fungsi Iklan
1.      Memberikan Informasi (Informing)
2.      Membujuk (Persuading)
3.      Mengingatkan (Reminding)
4.      Memberikan nilai tambah (Adding Value)

Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
  • Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
  • Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
  • Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
  • Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll
Jenis-Jenis Iklan
Iklan ada beragam jenisnya, salah satunya adalah iklan berdasarkan luas tempat pemasangan. Apabila dilihat berdasarkan luas tempat pemasangan atau ukuran, jenis iklan pada koran, majalah dan tabloid terbagi menjadi 3 jenis iklan, yaitu:
1.    Iklan Baris
Iklan baris adalah salah satu cara beriklan barang dan jasa yang dibuat lebih singkat dari iklan lainnya, dan hanya terdapat beberapa baris saja yang biasanya di muat di koran. Dimana hanya berisi informasi sekedarnya saja dan hanya memerlukan beberapa baris. Biasanya pihak percetakan menetapkan persyaratan minimal 2 dan maksimal 3 baris, dan telah mencakup nomor telepon, alamat, dan sebagainya. Seperti yang kita ketahui bahwa Iklan ini adalah iklan singkat berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang hanya terdpat atas beberapa teks saja.

Jenis periklanan ini paling banyak dimuat di media cetak terkhusus pada surat kabar. Iklan ini pada dasarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan – iklan pada umumnya. Karena hanya terdiri dari beberapa baris dan kolom saja, pariwara ini memiliki tempatnya sendiri. Jenis penyampaian informasi ini di letakkan di lembar tertentu dan dikelompokan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang sedang dipromosikan. Iklan ini juga memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda dengan iklan pada umumnya.

Ciri – Ciri Iklan Baris:
  • Terbatas pada 2 hingga 3 baris saja yang berisi informasi-informasi yang penting saja.
  • Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  • Dibagi ke dalam kelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang sedang dipromosikan.
  • Hanya terdapat kalimat-kalimat pendek dan lebih memilih menggunakan singkatan-singkatan agar maksud yang ingin disampaikan benar-benar tersampaikan. 
  • Beberapa perusahaan biasanya melengkapi iklannya dengan gambar-gambar yang berukuran kecil dan berwarna hitam putih saja.
  • Biasanya pemasang iklan akan menuliskan nomor telepon penjual agar dapat dihubungi pembeli jika tertarik.
  • Tidak terdapat ilustrasi-ilustrasi grafis.
  • Biaya pegiklanan jauh lebih murah karena hanya membutuhkan tempat yang kecil saja.

Contoh iklan baris sebagai berikut





2.      Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang dimuat dalam space iklan yang berbentuk kolom-kolom.  Iklan jenis ini umumnya dapat ditemukan pada media cetak atau media online (website). Seperti dengan jenis iklan lain, iklan kolom juga mengenai barang, jasa, atau informasi-informasi lain yang akan di perkenalkan atau diumumkan kepada khalayak ramai. Sedikit berbeda dengan iklan media koran, iklan kolom dapat dilengkapi dengan visual atau gambar sederhana sebagai pelengkap iklan untuk menarik perhatiah konsumen.
Ciri-Ciri Iklan Kolom
Setiap jenis iklan akan berbeda dengan iklan lainnya, berikut beberap ciri-ciri iklan kolom:
1.      Iklan kolom terdiri dari beberapa informasi singkat mengenai barang, jasa, atau pengumuman-pengumuman lainnya yang ditujukan peda khalayak ramai.
2.      Iklan kolom memiliki volume atau ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan iklan media koran lainnya.
3.      Konten iklan kolom dapat beragam sesuai denan kebutuhan pengiklan.

Macam-Macam Contoh Iklan Kolom
Berikut beberapa contoh iklan kolom yang umumnya sering terlihat di media cetak atau online.

3.    Iklan Advertorial
Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan Editorial. Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.
Jenis dan contoh Advertorial:
1. Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.

2. Advertorial jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak.

3. Advertorial korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

4. Advertorial pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai kegiatan di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.

Tujuan dan Fungsi: 
Advertorial merupakan salah satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya. Tujuan lain dari advertorial adalah untuk memberikan citra yang baik kepada perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa.
Contoh Iklan Advertorial


 4.    Iklan Display
Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom. Iklan display adalah iklan produk yg menggunakan gambar sehingga dapat menarik perhatian khayalak umum sehingga ingin mengetahui lebih lanjut produk tersebut.




Sumber:

Comments