IKLAN
Pengertian Iklan adalah
berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang
ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan
seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung
pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar
melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan
juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti
contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.
Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang
atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi,
pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi
beban biaya penayangan.
Seorang praktisi
komunikasi pemasaran asal Amerika serikat, Terence A. Shimp menjelaskan bahwa
iklan atau periklanan mempunya beberapa fungsi, diantaranya adalah:
FUNGSI DAN TUJUAN IKLAN
Fungsi Iklan
1.
Memberikan Informasi (Informing)
2.
Membujuk (Persuading)
3.
Mengingatkan (Reminding)
4.
Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah
seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan
memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
- Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa,
barang, ide dan lain-lain)
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa
suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang
kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui
spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll
Jenis-Jenis Iklan
Iklan ada beragam jenisnya, salah
satunya adalah iklan berdasarkan luas tempat pemasangan. Apabila dilihat
berdasarkan luas tempat pemasangan atau ukuran, jenis iklan pada koran, majalah
dan tabloid terbagi menjadi 3 jenis iklan, yaitu:
1. Iklan Baris
Iklan baris
adalah salah satu cara beriklan barang dan jasa yang dibuat lebih singkat dari
iklan lainnya, dan hanya terdapat beberapa baris saja yang biasanya di muat di
koran. Dimana hanya berisi informasi sekedarnya saja dan hanya memerlukan
beberapa baris. Biasanya pihak percetakan menetapkan persyaratan minimal 2 dan
maksimal 3 baris, dan telah mencakup nomor telepon, alamat, dan sebagainya. Seperti
yang kita ketahui bahwa Iklan ini adalah iklan singkat berisi
penawaran/informasi tentang sesuatu yang hanya terdpat atas beberapa teks saja.
Jenis
periklanan ini paling banyak dimuat di media cetak terkhusus pada surat kabar.
Iklan ini pada dasarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan – iklan pada
umumnya. Karena hanya terdiri dari beberapa baris dan kolom saja, pariwara ini
memiliki tempatnya sendiri. Jenis penyampaian informasi ini di letakkan di
lembar tertentu dan dikelompokan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang
sedang dipromosikan. Iklan ini juga memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda
dengan iklan pada umumnya.
Ciri
– Ciri Iklan Baris:
- Terbatas pada 2 hingga 3 baris saja yang berisi informasi-informasi yang penting saja.
- Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
- Dibagi ke dalam kelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang sedang dipromosikan.
- Hanya terdapat kalimat-kalimat pendek dan lebih memilih menggunakan singkatan-singkatan agar maksud yang ingin disampaikan benar-benar tersampaikan.
- Beberapa perusahaan biasanya melengkapi iklannya dengan gambar-gambar yang berukuran kecil dan berwarna hitam putih saja.
- Biasanya pemasang iklan akan menuliskan nomor telepon penjual agar dapat dihubungi pembeli jika tertarik.
- Tidak terdapat ilustrasi-ilustrasi grafis.
- Biaya pegiklanan jauh lebih murah karena hanya membutuhkan tempat yang kecil saja.
Contoh iklan baris sebagai berikut
2. Iklan Kolom
Iklan
kolom adalah iklan yang dimuat dalam space iklan yang berbentuk
kolom-kolom. Iklan jenis ini umumnya dapat ditemukan pada media cetak
atau media online (website). Seperti dengan jenis iklan lain, iklan kolom juga
mengenai barang, jasa, atau informasi-informasi lain yang akan di perkenalkan
atau diumumkan kepada khalayak ramai. Sedikit berbeda dengan iklan media koran,
iklan kolom dapat dilengkapi dengan visual atau gambar sederhana sebagai pelengkap
iklan untuk menarik perhatiah konsumen.
Ciri-Ciri Iklan Kolom
Setiap jenis iklan akan berbeda dengan iklan lainnya, berikut
beberap ciri-ciri iklan kolom:
1.
Iklan kolom terdiri dari beberapa informasi singkat
mengenai barang, jasa, atau pengumuman-pengumuman lainnya yang ditujukan peda
khalayak ramai.
2.
Iklan kolom memiliki volume atau ukuran yang sedikit
lebih besar jika dibandingkan dengan iklan media koran lainnya.
3.
Konten iklan kolom dapat beragam sesuai denan kebutuhan
pengiklan.
Macam-Macam Contoh Iklan Kolom
Berikut beberapa contoh iklan kolom
yang umumnya sering terlihat di media cetak atau online.
3.
Iklan
Advertorial
Advertorial
adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik.
Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan
Editorial. Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif
kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau
jasa. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari
redaksi.
Jenis
dan contoh Advertorial:
1. Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas
mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.
2. Advertorial
jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak.
3. Advertorial
korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan
kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
4. Advertorial
pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai kegiatan di bidang
pemerintahan atau potensi suatu daerah.
Tujuan dan Fungsi:
Advertorial merupakan salah
satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa
jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta
mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada
khalayaknya. Tujuan lain dari advertorial adalah untuk memberikan citra yang
baik kepada perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk
pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa.
Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang
lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom. Iklan display adalah
iklan produk yg menggunakan gambar sehingga dapat menarik perhatian khayalak
umum sehingga ingin mengetahui lebih lanjut produk tersebut.
Sumber:
Comments
Post a Comment