Naskah Iklan Radio


NASKAH IKLAN RADIO


Naskah iklan adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Contohnya, naskah iklan televisi, radiomajalahkoranbalihospanduk, dan lain sebagainya. Penulis naskah iklan lazim disebut copywriter, naskah atau teksnya disebut copy atau copywritingCopywriting juga bisa berarti kegiatan menulisnya.
Dalam praktiknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional atau berkategori above the line (seperti iklan televisi, radio, atau media cetak), melainkan naskah promosi apapun yang dibutuhkan oleh industri. Misalnya, teks situs web, kalenderbrosur, semboyan perusahaan/produk (tagline), surat penjualan (sales letter), rilis pers (press release), direct mailnawala (newsletter], dan masih banyak lagi.
Seorang penulis naskah iklan dituntut untuk mampu menulis teks secara kreatif dan berdasarkan riset. Ia juga wajib menguasai teknik penulisan di banyak media, seperti cetak, situs web, audio, dan audiovisual.
Tujuan dari Radio adalah menyebarluaskan informasi kepada khalayak Sedangkan Tujuan dari Iklan  adalah memperkenalkan produk yang diinformasikan untuk meningkatkan penjualan.
Dalam membuat naskah radio iklan itu seperti theatre of mind. buatlah naskah iklan radio yang bisa menghanyutkan para pendengar radio alias tidak membuat mereka menggerutu karena iklan buatan Anda terasa membosankan atau "basi".Agar tidak demikian copywriter Naskah Iklan harus bekerja sama dan harus pintar dalam memilih talent voice over. Sekreatif apapun naskah  iklan radio Anda tidaklah berarti bila anda telah salah dalam pemilihan aktor atau pengisi suara yang berkarakter tepat.
Dalam membuat naskah iklan radio,kita harus mengetahui konsep dari produk yang akan di iklankan. Setelah itu, di buatkan konsep naskah iklan radio dengan mempertimbangkan skenario iklan, apakah dialog atau monolog atau lainnya. Lalu menentukkan musik atau menggunakan sound FX dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario. Sound FX yang di inginkan harus di produksi dari potongan lagu atau beberapa sound FX lainnya.

Istilah dalam Naskah Audio

- Musik : Menunjukkan kepada sutradara bahwa di baris itu harus diselipkan musik.
- Sound Effect (FX) : Suara-suara pendukung untuk menciptakan suasana tertentu.
- Fade In : Petunjuk bagi sutradara atau pelaku bahwa harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang mendekat.
- Fade Out : Kebalikan dari fade in. Harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang yang pergi menjauh.
- Off Mike : Harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang berbicara dari jauh.
- Cross Fade : Dua bunyi yang berpapasan
- Musik : IN-UP-DOWN-OUT artinya musik masuk volume standar lalu mengecil dan hilang
- Musik : IN-UP-DOWN-UNDER artinya musik masuk volume standar lalu menjadi latar belakang iklan
- Musik : Background, Smash, Tema, Transisi
- Announcer (ANN) : Penyiar yang tugasnya memberitahukan bahwa suatu acara atau suatu program akan disampaikan.
- Narrator (NAR) : Hampir sama dengan penyiar, bedanya apa yang dibaca narrator sudah memasuki materi program

Contoh Naskah Iklan Radio

Monolog:
Produk: Axe 
Durasi: 30 Detik

Music
SFx: Suara Kemacetan
Nar: Aktifitas yang padat
Music
SFx: Suara Keyboard
Nar: Pekerjaan yang berat
Music
SFx: Suara Menengdang Bola
Nar: Banyaknya keringat
Nar: Membuat hari-hari mu berat. Tapi kini, Axe hadir mengatasi masalahmu. Axe hadir untuk hari – harimu.
Music
Tagline: Axe – Wanginya seharian.

Dialog:
Produk: Go-Jek
Durasi: 30 Detik

SFx      : Suara Buka Pintu
SFx      : Suara Telapak Kaki
Winda  :  Pagi fir
Fira      : Pagi kak win
SFx      : Suara Bongkar Tas
Fira      : Ihh kemana sihh
SFx      : Suara lempar buku
Winda  : Kamu ngapain sih fir?
Fira      : Ini kak, aku lagi nyari buku jurnal. Kayaknya ketinggalan dirumah deh. Mana nanti siang harus meeting
Winda  : Fir fir, kenapa harus panik sih? Pake Go-jek aja, terus pake fitur Go-send deh. Dijamin, sebentar lagi juga jurnal kamu ada ditangan.
Fira      : Oh iya ya kak hehe
Tagline: GO-Jek, Pasti Ada Jalan.

Demikianlah Naskah Iklan yang bisa saya berikan.

Comments