KARAKTERISTIK MEDIA



Setiap jenis media, mempunyai karakteristik (kekhasan) tertentu, yang berbeda‑beda satu sama lain. Masing‑masing media tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Tidak semua jenis media yang disebutkan di atas akan dibahas di sini. Untuk mempermudah pembahasan, kita akan menggunakan pengelompokkan media seperti yang dikemukakan oleh Henich. Namun karena pertimbangan praktis, maka jenis media yang akan dibahas di sini hanya dipilih beberapa media yang biasa digunakan dalam pembelajaran.

Karakteristik Media Cetak : Koran
Koran (dari bahasa BelandaKrant, dari bahasa Prancis courant) atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politikkriminalitasolahragatajuk rencanacuaca. Surat kabar juga biasa berisi karikatur yang biasanya dijadikan bahan sindiran lewat gambar berkenaan dengan masalah-masalah tertentu, komikTTS dan hiburan lainnya. Koran memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
1. Publisitas
Publisitas atau publicity adalah penyebaran pada public atau khalayak (Effendy, 2007:112). Pesan dapat diterima oleh sebanyak-banyaknya khalayak yang tersebar diberbagai tempat, karena pesan tersebut penting untuk diketahui umum atau menarik khalayak pada umumnya.

2. Periodesitas 

Merujuk pada keteraturan terbitnya, apakah harian, mingguan atau dwi mingguan. 
3. Universalitas
Merujuk pada kesemestaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia. Isi surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia seperti masalah sosial, ekonomi, budaya, agama pendidikan, keamanan dan lain-lain. Selain itu lingkup kegiatannya beragam mulai dari yang bersifat lokal, regional, nasional maupun internasional.

4. Aktualitas

Aktualitas berarti “ terkini “ atau terbaru dan masih hangat. Fakta dan peristiwa penting atau menarik tiap hari perlu untuk dilaporkan, karena khalayak memerlukan informasi yang paling baru.

5. Terdokumentasikan

Dari berbagai berita yang disajikan di surat kabar dapat dipastikan ada beberapa diantaranya atau pihak-pihak tertentu dibuat arsip atau klipping. Contoh dalam sebuah instansi apabila ada berita yang berkaitan dengan instansi tersebut dibuatlah klipping berita untuk menambah wawasan dan juga sebagai tolak ukur dari publik (eksternal).

Sumber : Ardianto, Elvinaro,dkk. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar


Karakteristik Media Elektronik : TV dan Radio

Televisi

Televisi merupakan alat penangkap siaran bergambar berupa audio visual dan penyiaran videonya disiarkan secara broadcasting. Kata televisi berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata “Tele” yang berarti jauh dan “Vision” yang berarti melihat. Jadi, jika disimpulkan secara harfiah berarti “melihat jauh”, karena pemirsa berada jauh dari studio televisi. (Ilham Z, 2010:255). 

Karakteristik Televisi


Di dalam buku Elvinaro (2007:137-139), karakteristik televisi dibagi kedalam tiga jenis sebagai berikut.

1) Audiovisual

Jika dibandingkan dengan media penyiaran lainnya televisi memiliki suatu kelebihan, yaitu dapat didengar sekaligus dilihat. Oleh karena itu, televisi dapat dikatakan sebagai media massa elektronik audiovisual. Walaupun demikian, bukan berarti gambar lebih penting dari kata-kata, akan tetapi keduanya harus ada kesesuaian yang baik.

2) Berpikir Dalam Gambar

terdapat dua tahapan yang dilakukan pada proses berpikir dalam gambar. Yang pertama, visualisasi (visualization) yaitu menerjemahkan kata-kata yang memiliki gagasan yang menjadi gambar secara individual. Yang kedua, picturization(penggambaran) yaitu suatu kegiatan merangkai gambar-gambar yang dilakukan dengan sedemikian rupa sehingga kontinuitasnya dapat mengandung arti atau makna tertentu.

3) Pengoprasian Lebih Kompleks
Jika dibandingkan dengan siaran radio, siaran televisi jauh lebih kompleks serta lebih banyak melibatkan orang. Peralatan yang digunakan dalam siaran televisi pun lebih banyak serta dalam mengoprasikannya pun lebih rumit dan harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dibidang itu dan harus terlatih.
Radio
memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dengan media massa lainnya. Karakteristik radio ini  bisa juga menjadi keunggulan (kelebihan) dan kelemahan media radio.
10 Karakteristik Radio
1. Auditory.
Radio is Sound! Radio adalah suara. Karenanya, radio adalah media denar (untuk didengarkan) karena hanya suara yang bisa disampaikan di radio. Apa pun yang ingin disampaikan di radio, harus dalam bentuk suara atau disuarakan. Secara umum suara yang muncul di radio atau disiarkan radio ada dua macam: musik (lagu) dan kata-kata.
2. Theatre of Mind
Dengan kata-kata (words) dan efek suara (sound effect), radio atau penyiar bisa “membuat gambar di benak pendengar” (make picture in people mind), membuat pendengar berimaginasi, membayangkan sosok sesuatu –orang, pasar, mal, kerusuhan, demonstrasi,buku, batu, dll.
3. Cepat dan Langsung
Radio adalah media tercepat, lebih cepat dari koran ataupun TV, dalam menyampaikan informasi kepada publik, tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak seperti siaran TV atau sajian media cetak. Hanya dengan melalui telepon, reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada di lapangan.
4. Akrab.
Radio adalah media yang akrab dengan pemiliknya. Anda jarang sekali duduk dalam satu grup dalam mendengarkan radio; tetapi biasanya mendengarkannya sendirian, seperti di mobil, di dapur, di kamar tidur, dan sebagainya.
5. Personal.
Radio menadi teman karena mampu menyentuh pribadi pendengar. Suara penyiar hadir di rumah atau di dekat pendengar. Pembicaraannya langsung menyentuh aspek pribadi (interpersonal communications), dengan pendekatan pribadi (personal approach), sehingga radio menjadi teman pribadi yang setia.
6.Hangat.
Paduan kata-kata, musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. Pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara penyiar dan seringkali berpikir bahwa penyiar adalah seorang teman bagi mereka.
7. Sederhana.
Radio tidak rumit, tidak banyak pernik, baik bagi pengelola maupun pendengar.
8.Tanpa Batas.
Wide Coverage. Jjangkauan wilayah siarannya luas. Siaran radio menembus batas-batas geografis, demografis, SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan), dan kelas sosial.
Radio juga illiteracy, dapat dinikmati oleh yang buta huruf. Hanya “tunarungu” yang tak mampu mengkonsumsi atau menikmati siaran radio.
9. Murah.
Dibandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatif jauh lebih murah. Pendengar pun tidak dipungut bayaran seperser pun untuk mendengarkan radio. Orang bisa mendengarkan aneka musik, hiburan, dan informasi, tanpa harus membayar alias gratis!
10. Fleksibel.
Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain, seperti memasak, mengemudi, belajar, dan membaca koran atau buku. Tampil sebagai teman pribadi –di rumah, di meja belajar, di perjalanan, atau teman minum kopi saat pagi, sore, atau malam hari. Selain itu, pesawat radio pun mobile atau portable, mudah dibawa ke mana saja.

Karakteristik Media Luar Ruang

Karakteristik media luar ruang menurut Frank Jefkins 1997: 130 adalah seperti berikut ini : 
a. Ukuran dan dominasi Ukuran iklan outdoor pada umumnya cukup besar, maka iklan ini mampu mendominasi pemandangan dan mudah menarik perhatian. 
b. Warna Kebanyakan iklan outdoor dihiasi dengan aneka warna dengan gambar-gambar visual yang realistis sehingga memudahkan khalayak untuk mengingat produk yang diwakilinya. 
c. Pesan-pesan singkat Karena dimaksudkan untuk menarik perhatian orang-orang yang sedang bergerak dan mungkin saja dilihat dari kejauhan, maka pesan-pesan yang tertulis biasanya terbatas pada slogan singkat dan dicetak besar-besar serta mencolok.
d. Zoning Penempatan iklan outdoor secara strategis dapat menciptakan suatu kampanye yang sangat ekonomis. commit to user 14.
e. Efek Mencolok Karakteristik yang paling penting adalah kemampuan iklan outdoor dalam menciptakan kesan atau memori pemirsa melalui penebalan, warna, ukuran, dan pengulangan.


Comments