Periklanan
Menurut Richards dkk (2009), periklanan adalah
bentuk komunikasi berbayar dan bermedia yang berasal dari sumber-sumber yang
dapat diidentifikasi dan dirancang untuk mempersuasi orang-orang agar melakukan
beberapa tindakan di masa sekarang maupun untuk masa yang akan datang.
Dari pengertian tersebut terdapat istilah “bermedia” yang mengandung makna bahwa periklanan menggunakan macam-macam media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan komersial kepada khalayak sasaran.
Media yang digunakan dalam periklanan pada umumnya adalah media massa seperti surat kabar, televisi, radio, majalah, dan internet. Media berperan sangat penting dalam periklanan.
Media Planning & Media Buying
Media iklan jika ditinjau dari sudut pandang proses
kegiatan periklanan, maka ia berada pada posisi aktivitas media palnning dan
media buying.
Apa itu media planning dan media buying?
Media planning adalah proses menentukan bagaimana menggunakan waktu dan ruang untuk meraih tujuan pemasaran. Impelementasinya memilih media yang tepat untuk digunakan dalam penyampaian pesan - pesan iklan produk tertentu.
Sedangkan media buying dalam kegiatan periklanan adalah merupakan aktivitas dalam memilih institusi media, memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planner.
Media buying bukan berarti kita membeli medianya,
namun yang kita beli adalah jam atau jadwal tayang yang akan kita gunakan untuk
beriklan.
Media Iklan: Televisi
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang
paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, TV menjadi media
paling efektif untuk promosi dan memasang iklan bagi perusahaan atau produsen
yang ingin memasarkan produk-produknya.
Namun perlu di catat harga tarif pertayang dan menurut jam tayangnya harganya mahal dan berbeda-beda. Kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang Harga Iklan Di Televisi . Pasti anda sudah bertanya-tanya seberapa mahal sih pasang iklan di televisi itu? Nah berikut adalah daftar dan kategori Harga Iklan Di Televisi.
Berikut adalah biaya beriklan di stasiun televisi TRANS 7:
Stasiun TV
|
Jam Tayang
|
||||
04.00
– 09.00
|
09.00
– 15.00
|
15.00
– 18.00
|
18.00
– 24.00
|
00.00
– 04.00
|
|
TRANS 7
|
10
juta - 25 juta
|
20 juta - 25
juta
|
20 juta - 25 juta
|
20 juta – 40 juta
|
10 juta - 20
juta
|
*harga tahun 2018
Media Iklan: Radio
Meski saat ini sudah
booming media televisi dan internet (termasuk media sosial), namun masih banyak
perusahaan yang memasang iklan di radio. Pasalnya, pendengar radio di Indonesia
memang tidak lantas menurun walau media internet berkembang pesat. Tarif atau
biaya pasang iklan di radio sendiri bervariasi, tergantung jenis dan durasi
iklan.
Berikut adalah biaya beriklan di stasiun radio Elshinta:
Jenis Program
|
Tarif Iklan (Rp)
|
Spot/Adlibs (60 detik)
|
Reguler Time 2 : 1.300.000
|
Reguler Time 1 : 1.600.000
|
|
Prime Time : 2.050.000
|
|
Talk Show (60 menit)
|
Reguler Time 1 : 28.000.000
|
Prime Time (20.00 – 21.00) :
30.500.000
|
|
Prime Time (09.00 – 10.00) :
32.000.000
|
|
Live Report (3 menit)
|
7.500.000
|
Time Signal
|
55.000.000
|
Traffic Report
|
70.000.000
|
Media Iklan: Koran
Merupakan salah satu
bentuk iklan yang penempatannya berada di halaman koran/surat kabar. Biasanya
koran terbit harian dan memiliki pangsa pasarnya sendiri, ada koran nasional,
koran daerah, koran bisnis dan lain-lain. Bentuk iklan di koran juga bisa
beragam, ada iklan baris, iklan display, advetorial dan iklan suplemen.
Berikut adalah biaya beriklan di koran POSKOTA:
Keterangan :
I. IKLAN BARIS, (Min. 4 Baris
Maksimum 10 Baris).
1. Iklan
Baris Khusus Lowongan Kerja = Rp 27.500 / baris.
Jumlah 1 Baris = 30 Karakter / Huruf.
2. Iklan
Baris Biasa = Rp 13.000 / baris.
Jumlah 1 Baris = 26 Karakter / Huruf.
3. Iklan
Baris Motor = Rp 13.000 / baris.
Jumlah 1 Baris = 26 Karakter / Huruf.
4. Iklan
Baris Mobil / Rumah / Tanah / Property= Rp 14.000 / baris.
Jumlah 1 Baris = 26 Karakter / Huruf.
5. Iklan
Baris No Cantik = Rp 15.000 / baris.
Jumlah 1 Baris = 26 Karakter / Huruf.
II.
IKLAN KOLOM, ( BW) , Min. 20 mmk, Maks. 150 mmk
Harga = Rp 22.500 / mmk
III.
IKLAN DISPLAY
( BW) = Rp 30.000 / mmk ( FC) = Rp. 40.000 / mmk
IV.
Iklan, Halaman 1
BW, Harga Per mmk = Rp. 90.000 / mmk FC, Harga Per mmk = Rp. 120.000 / mmk
V. Iklan
Pulau (Island Ad)
BW, Harga Per mmk = Rp. 45.000 / mmk FC, Harga Per mmk = Rp. 60.000 / mmk
Keterangan
:
Ukuran Lebar Kolom Poskota : 1 kolom = 35 mm, 2 kolom = 73 mm, 3 kolom = 112 mm, 4 kolom = 150 mm, 5 kolom = 189 mm, 6 kolom = 227 mm, 7 kolom = 266 mm, 8 kolom = 305 mm. |
Ukuran Lebar Kolom Poskota :
1 kolom = 35 mm, 2 kolom = 73 mm, 3 kolom = 112 mm, 4 kolom = 150 mm, 5 kolom = 189 mm, 6 kolom = 227 mm, 7 kolom = 266 mm, 8 kolom = 305 mm.
*harga per 20191 kolom = 35 mm, 2 kolom = 73 mm, 3 kolom = 112 mm, 4 kolom = 150 mm, 5 kolom = 189 mm, 6 kolom = 227 mm, 7 kolom = 266 mm, 8 kolom = 305 mm.
Comments
Post a Comment